Rapat Persiapan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah Rumuskan Instrumen

Suarapendidikan.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang menggelar Rapat Persiapan Penilaian Kineria Kepala Sekolah (PKKS) di Aula 1 Disdikbud Jombang pada Rabu pagi (2/9). Perwakilan dari Pengawas Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) serta Kepala Bidang dan Kepala Seksi yang membidangi TK, SD dan SMP turut dihadirkan.

Sekretaris Disdikbud Jombang, Jumadi dalam sambutannya mengatakan hasil penilaian Kepala Sekolah minimal dengan sebutan baik. Jika tidak mencapai sebutan baik akan dikembalikan menjadi Guru.

Jumadi, Sekretaris Disdikbud Jombang saat memberikan sambutan rapat persiapan PKKS

”Potret Kepala Sekolah tergantung Pengawas Sekolah Daerah Binaan Masing-masing. Penilaian Kepala Sekolah dinyatakan syah jika sudah ditandatangani Kepala Disdikbud Jombang,” ungkapnya.

Draft Instrumen PKKS disampaikan oleh Susiana, Pengawas SMP Disdikbud Jombang, ia mengatakan PKKS merupakan penilaian pada setiap butir kegiatan Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugas pokok yang menjadi beban kerja yang berbasis bukti fisik peningkatan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam rangka pembinaan karir dan jabatannya.

”PKKS digunakan untuk evaluasi dan tindak lanjut pada kinerja Kepala Sekolah serta acuan untuk penentuan angka kredit kumulatif untuk Kepala Sekolah yang berstatus PNS,” ungkapnya.

Instrumen PKKS ini ditargetkan rampung pada bulan Oktober 2020, sehingga tahun 2020 ini dapat dilaksanakan penilaian Kinerja Kepala Sekolah. (AA/NR)

Susiana, Pengawas SMP Disdikbud Jombang saat memaparkan draft instrumen PKKS