Ribuan Siswa Bertempur di LKS ke 28 se JATIM

Suarapendidikan.com, Tulungagung – Agenda Lomba Kompetensi Siswa ke 28 (LKS) se Jawa Timur digelar pada 27 Januari s/d 30 Januari 2020 di Tulungagung, pembukaan dilangsungkan di GOR Lembupeteng dan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Wahid Wahyudi.

Sebelum secara resmi dibuka dalam layar panggung wakil gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc  menyampaikan pesan melalui video pendek.

“2020 tentunya menciptakan tantangan yang sangat signifikan terhadap kita semua terutama pada siswa siwi yang ingin menata masa depanya, Jawa Timur memiliki komitmen untuk bisa mewujudkan sumberdaya manusia yang mampu bersaing di era  revolusi industri ke empat yang artinya menguasai teknologi informasi, menguasai landscape ekonomi baru yang mengutamakan kreatifitas, semua ini tentu akan merubah tatanan tatanan konvensional yang selama ini kita miliki yang tentunya membutuhkan kreativitas, pikiran yang terbuka, bisa berkolaborasi, bisa bekerjasama. Kesemuanya itu semoga lebih terasah dan teruji di lomba kompetensi siswa SMK Jatim tahun ini,” jelasnya.

Selain itu Kepala Dinas Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi menyampaikan beberapa hal terkait tujuan gelaran LKS ke-28 se Jatim di Kabupaten Tulungagung.

“Lomba Kompetensi siswa SMK ini yang pertama untuk menggugah semangat kompetisi sesuai dengan kompetensi siswa, kedua menggugah agar para siswa terus berupaya meningkatkan inovasi sesuai dengan kompetensinya, dan ketiga memberikan reward kepada para siswa yang memiliki kopentensi yang sangat baik dan bagi pemenangnya nanti akan diikusertakan pada Lomba kompetensi siswa tingkat nasional.”tuturnya Senin (27/1) pagi.

Wahid berharap LKS ke-28 ini bisa dimanfaatkan sebaik baiknya sebagai ajang untuk beradu kompetensi, kreativitas tentunya dengan sportifitas yang tinggi sehingga hasilnya baik.  Pembukaan acara dilangsungkan secara simbolis dengan pemukulan kendang oleh beberapa perwakilan dari Provinsi, Dindik Jatim dan Kabupaten Tulungagung diiringi tari Reog Kendang khas Tulungagung.

LKS JATIM ke 28 kali ini yang mengusung tema “SIAP BERKOMPETENSI DAN BERPRESTASI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0” ini diikuti oleh 1550 peserta, 992 pendamping dari berbagai SMK Negeri dan swasta yang mewakili masing-masing kabupaten/kota di provinsi Jawa Timur.

Ada 60 bidang lomba yang diperombakankan, Seluruh kegiatan diselenggarakan di 10 tempat salah satunya di GOR Lembupeteng dan beberapa sekolah yang ditunjuk di seputaran Kota Tulungagung. (sf/NR)