RSUD Jombang Siapkan Ruang Isolasi Virus Corona

RSUD Jombang Siapkan Ruang Isolasi Virus Corona

Suarapendidikan, Jombang – Munculnya Virus Corona menjadi ancaman baru di dunia Kesehatan. Virus yang diduga berasal dari Tiongkok ini, membuat khawatir masyarakat. Persebaran virus yang menyebabkan gangguan pada pernafasan ini diwaspadai sudah masuk ke Indonesia melalui turis cina yang berkunjung ke Indonesia. Beberapa kota di Indonesia sudah mempersiapkan penanganannya, salah satunya di kabupaten Jombang.

 “Alhamdulillah untuk kasus ini sampai sekarang belum ada di kabupaten Jombang, dan mudah-mudahan tidak ada, kalaupun seandainya ada kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya,” kata Direktur RSUD (Rumah Sakit Daerah) kabupaten Jombang dr. Pudji Umbaran, pada Senin (27/1).

Meski belum ada pasien yang terjangkit virus corona asal China, RSUD Jombang sudah menyiapkan ruang isolasi. Ruang isolasi tersebut berada di bagian belakang, yakni bersebelahan dengan Paviliun Kenanga.

RSUD Jombang Siapkan Ruang Isolasi Virus CoronaPudji mengungkapkan telah menyiapkan ruang isolasi itu lengkap dengan berbagai sarana prasarana penunjangnya. Di dalam ruangan itu terdapat lima tempat tidur berikut peralatan medis dan sarpras (sarana prasarana) yang memadai dan dilengkapi tekanan negatif.

“APD (alat pelindung diri) yang disyaratkan harus dipakai juga sudah kita siapkan,” jelasnya.

Ruangan khusus tersebut juga didesain sedemikian rupa dengan pengalihan udara agar tidak sampai mencemari lingkungan sekitar. Ruang isolasi ini disiapkan karena RSUD Jombang merupakan rumah sakit rujukan regional Jawa Timur bagian tengah yang mengampu lima kabupaten/kota.

Terkait dengan virus corona, Pudji memaparkan, virus tersebut menyebar dari hewan ke manusia. Namun belakangan penyebarannya sudah terjadi dari manusia ke manusia, yakni melalui percikan. Artinya, penyebaran melalui udara, baik yang keluar dari hidung maupun mulut. “Masyarakat harus senantiasa menjaga stamina tubuh. Selain itu, gunakan masker saat melakukan aktivitas di luar,” pungkasnya. (WO/NR)