Satlantas Polres Jombang Terapkan Standar Protokol Kesehatan Pada Pelayanan SIM

Layanan Unggulan Satlantas Polres Jombang

Suarapendidikan.com, Jombang – Semua pelayanan di Polres Jombang, kembali dibuka sejak hari Rabu kemarin (8/4). Mulai dari layanan SIM di kantor Satlantas sampai registrasi kendaraan bermotor di Samsat, termasuk Samsat Induk, dan Samsat payment point. Sebelumnya layanan kepolisian tersebut ditutup sementara karena penyebaran Covid-19.

Meskipun demikian,  Polres Jombang tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah terhadap petugas maupun masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Kanit Regident Satlantas Polres Jombang, IPDA Riza Aribowo, kemarin (13/4). Ia menjelaskan bahwa bagi masyarakat yang hendak melakukan registrasi kendaraan bermotor, perpanjangan maupun membuat SIM baru di kantor pelayanan diwajibkan memakai masker.

Bukan hanya itu, bagi para pemohon juga harus melewati beberapa tahap lagi untuk sampai pada pos pelayanan di kantor tersebut.  Pemohon terlebih dahulu harus cuci tangan pakai sabun, pengecekan suhu tubuh dengan thermometer gun (temgun), serta harus melewati bilik sterilisasi yang sudah disiapkan dan dijaga oleh petugas.

“Agar tidak menimbulkan antrian panjang yang bisa menyebabkan pemohon bergerombol, maka pusat layanan ini kita bagi menjadi tiga tempat. Yaitu ada layanan Induk, Drive Thru dan SIM keliling dengan penerapan physical distancing pada setiap tempat pelayanan itu,” kata Riza.

Terkait kuota yang disediakan dalam kepengurusan SIM disetiap harinya, Riza mengungkapkan bahwa tidak ada batasan kuota dalam kepengurusan SIM ini. Hanya saja pihaknya akan menutup pelayanan sewaktu-waktu, apabila dirasa pemohon sudah terlalu banyak.

“Misalnya pukul 10.00 pagi, ternyata sudah terlalu banyak pemohon yang hadir dan kalau dirasa membludak, ya harus kita tutup tidak menerima pemohon lagi. Baru keesokkan harinya kita buka layanan lagi, ini kita berlakukan saat situasi pandemi Covid-19 sekarang ini demi kebaikan kita bersama,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Pokja Baur SIM Satlantas Polres Jombang, Mohammad Sutris. Bahkan ia mengatakan bahwa setiap pukul 10.00 WIB diadakan senam pagi bersama bagi pemohon dan petugas di halaman kantor Satlantas. Menurutnya hal itu merupakan langkah unik yang dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19 dengan memanfaatkan sinar matahari untuk menjaga imunitas tubuh.

Senam Pagi yang diikuti Pemohon SIM dan Petugas Satlantas Polres Jombang

“Kita semua berjemur sembari senam pagi ceria. Namun dengan tetap menerapkan pola jaga jarak saat senam,” ujar Sutris.

Sutris juga menghimbau kepada masyarakat khususnya bagi pemohon perpanjangan SIM agar tidak perlu takut dan terburu-buru dalam hal kepengurusan. Hal tersebut dikarenakan pihak kepolisian sudah memberikan dispensasi perpanjangan SIM bagi yang masa berlakunya habis mulai tanggal 17 Maret 2020 sampai batas waktu yang belum ditentukan. (W/NR)