Serunya Outing Class TK Ade Irma Suryani di BPBD Kabupaten Jombang

Suarapendidikan.com, Jombang – Belajar tak harus selamanya di dalam kelas bisa juga dilakukan diluar kelas melalui pengenalan secara langsung seperti yang dilakukan oleh TK Ade Irma Suryani Kecamatan Kesamben Jombang saat mengunjungi kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Kabupaten Jombang hari ini Jum’at (14/2) pagi.

Kepala TK Ade Irma Suryani Nova Diha Irawan mengatakan bahwa kegiatan Outing Class ini sudah terperogram dalam program tahunan Lembaga, melalui rapat dewan guru dan sosialisasikan ke wali siswa di awal tahun pelajaran.

“Pembelajaran Outing Class Mengenalkan secara langsung kepada anak-anak tentang Pemadam Kebakaran baik alat-alatnya, profesinya, karena pengenalan secara lngsung lebih efektif untuk anak usia PAUD,”terang Nova Diha Irawan kepada Redaksi Radio Suara Pendidikan.

Kegiatan diikuti 96 Siswa dan 95 Wali Siswa dengan didampingi bapak ibu guru. Dalam kegiatan di BPBD selain pengenalan profesi pemadam kebakaran dan BPBD kepada anak-anak ada juga sosialisasi yang diperuntukkan bagi orang tua mengenai penanganan pertama kebencanaan.

“Wali siswa diberi penyuluhan bagaimana pencegahan kebakaran, pencegahan tabung elpiji agar tidak meledak dan pertolongan pertama apabila terjadi kebakaran,”tambahnya.

Antusiasme anak-anak terlihat pada wajah yang penuh semangat menyimak materi yang disampaikan tim BPBD Jombang. Lebih antusias lagi saat anak-anak diajak bermain air sebagai praktik langsung di halaman kantor BPBD.

Tak hanya itu keseruan bertambah saat anak-anak diajak jalan-jalan naik mobil pemadam kebakaran berkeliling di seputaran alun-alun Jombang. Sehingga merasakan langsung bagaimana tim pemadam kebakaran beraksi dengan mengenakan seragam lengkap.  

Lembaga yang berdiri sejak 17 Agustus 1984 dengan tujuh guru, satu kepala sekolah dan satu penjaga ini terus melakukan berbagai inovasi pembelajaran sehingga anak-anak yang mengampu Pendidikan di Lembaga itu lebih nyaman, menyenangkan dan berwawasan luas.

Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa, guru dan lingkungan sekitar adalah metode outing classOuting Class untuk sekolah merupakan salah satu program pembelajaran yangg bertujuan memberikan keterampilan dan keahlian dasar tertentu sebagai sarana menumbuhkan kreativitas siswa.(SM/NR)