Siap-siap, Pendaftaran Kartu Pra Kerja Gelombang ke 2 Segera Dibuka

Suarapendidikan.com, Jombang – Sejak dilounching beberapa waktu yang lalu pendaftaran kartu Pra Kerja gelombang pertama sudah terpenuhi dengan cepat, tidak sampai sepekan kuota sudah terpenuhi.

Peserta di luar estimasi pemerintah, karena program yang dirancang sebelum pandemi Covid 19 ini sebelumnya hanya diperuntukkan bagi para pencari kerja yang belum memiliki kompetensi keahlian dan pengangguran, saat ini sasaran menjadi lebih luas dengan skala prioritas buruh yang terdampak covid 19 yaitu buruh yng di PHK, dirumahkan, UKM, Koperasi dan sejenisnya yang secara langsung terdampak pandemi ini.

Untuk itu pemerintah mengambil langkah cepat dengan percepatan realisasi Program Kartu Prakerja ini dengan merubah pola pelatihan yang sebelumnya ada dua model yaitu online dan offline, dengan kondisi saat ini pelatihan dilakukan hanya dengan model pelatihan online seperti yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Jombang beberapa waktu yang lalu kepada Suarapendidikan.com.

“saata ini semua pelatihan dilakukan secara online, dan ada perubahan penganggaran sesuai edaran dari pemerintah pusat karena penambahan fungsi kartu Prakerja Juga sebagai jaminan kesejahteraan,” kata Purwanto.

Malam ini informasi yang diterima redaksi suarapendidikan.com melalui pesan singkat ddari Kadisnaker KabUpaten Jombang bahwa gelombang kedua pendaftaran Kartu Pra Kerja akan dibuka mulai tanggal 20 April 2020 mendatang.

“Kita sampaikan kepada masyarakat kabupaten Jombang yang ingin mendaftar silahkan disiapkan pirantinya baik hanphone berbasis android, kuota internet atau jaringannya, serta persyaran lainya mulai saat ini agar saat dibuka tidak bingung dan bisa lolos sesuai dengan kebutuhan, karena semua dilakukan secara online melalui laman prakerja.go.id ikuti alur dan tahapannya dengan benar sehingga bisa terdaftar sesuai hadapan,” terang Purwanto kepada Suaraendidikan.com.

Perlu diketahui Disnaker Kabupaten Jombang hanya menjadi fasilitator bukan penentu diterimanya para pendaftar program ini. Penentunya dari pihak provinsi dan pusat. Namun jika anda mengalami kesulitan dalam mendaftar atau bingung bagaimna caranya Disnaker Jombang menyediakan layanan konsultasi baik online maupun Offline di pendopo kantor Disnaker setiap hari kerja. (SM/NR)