Siap – Siap, PPDB Jenjang SD Tahun 2020 Digelar Bulan Juni

Suarapendidikan.com, Jombang – Mendekati Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 jenjang SD yang akan digelar bulan Juni, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang akhirnya mengumumkan sistem zonasi dari pusat yang akan diadopsi Surabaya mulai tahun ini.

Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) no 51 tahun 2018, menegaskan bahwa dalam sistem PPDB baru, untuk jenjang SD menggunakan 3 jalur yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, dan jalur perpindahan orang tua.

Kepala Seksie Pembinaan Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SD Disdikbud Jombang Moh. Suyuti, mengatakan tidak adanya jalur prestasi, dikarenakan di tingkat TK tidak ada prestasi akademik sehingga tidak memugkinkan dalam pemenuhan syarat-syarat pendaftaran.

“Jalur PPDB ini ada tiga, yaitu zonasi, afirmasi dan mutasi. Jalur zonasi ini persentasenya 80%,. Sedangkan jalur afirmasi, mendapat jatah 15%, Lalu bagi siswa yang baru pindah ke Jombang karena perpindahan tugas orang tua alias mutasi, persentasenya 5%,”tuturnya, Senin (11/5) siang.

Ia menambahkan targetnya untuk merampungkan sosialisasi kepada para wali murid di bulan Mei sesuai draft petunjuk teknis PPDB.

“Ini jadwalnya masih berupa perkiraan, karena masih berbentuk draft, tapi akan segera terbit Insya Allah” imbuhnya

Ia menjelaskan, berbeda dengan penanganan kendala pada PPDB SMP yang langsung di handle dari Kantor Disdikbud Jombang, untuk PPDB jenjang SD ini ketika wali murid mengalami kendala akan di handle pada level kecamatan.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terburu – buru dan lebih berfokus pada pencegahan pandemi yang terjadi saat ini.

“Kami punya harapan agar masyarakat tidak panik dan terburu – buru untuk memburu pendaftaran ini karena masih sekitar akhir bulan Juni nanti baru akan dibuka. Pun kami berharap bagi pihak instansi untuk tidak curi start dengan membuka pendaftaran terlebih dulu. Kita mulai sama – sama nanti di bulan Juni”pungkasnya. (A/NR)