SMA Al Muslim Gandeng FKM Universitas Airlangga Cegah Virus Corona

Suarapendidikan.com, Sidoarjo -Setelah ditetapkannya 2 warga Negara Indonesia (WNI) yang terjangkit virus corona beberapa hari yang lalu, membuat Yayasan Al Muslim waspada terhadap keberadaan virus tersebut, khususnya kepada civitas Al Muslim.

Agar tidak tertular virus corona tersebut SMA Al Muslim gandeng Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga mencegah virus corona dengan melakukan sosialisasi pencegahannya oleh dosen-dosen FKM Unair kepada seluruh peserta didik SMA Al Muslim, pada Jumat (6/3/20) di Aula SMA Al Muslim Sidoarjo.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh peserta didik SMA saja, akan tapi juga diikuti oleh siswa TK, SMP, guru-guru, dan karyawan SMA Al Muslim turut serta dalam sosialisasi pentingnya pencegahan virus Corona.

“Kita semua sudah tahu bahwa virus corona sudah masuk di Indonesia, bahkan telah diberitakan langsung oleh Presiden ada 2 warga Indonesia yang terkena virus corona. Maka dari itu penting untuk mencegah dan melindungi civitas Al Muslim melakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari virus yang berbahaya ini,” tutur Mahmudah, S.Ag., M.Pd. selaku Kepala SMA Al Muslim.

Ia juga menyampaikan penting bagi semua orang untuk menjaga kesehatan diri dari virus apapun, terutama dengan pola hidup sehat. “Maka dari itu, pola hidup sehat perlu ditanamkan sejak usia dini agar terbiasa dengan hidup sehat,”tegasnya.

Prosesi Sosialisasi berlangsung oleh dosen FKM Unair selama kurang lebih 1,5 jam diantaranya oleh Laura Navika Yamani, S.Si., M.Si., Ph.D., Putri Ayuni Alayyannur, S, KM., M.KKK, dan Hario Megatsari, S.KM., M.Kes.

siswa Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) juga memamerkan hasil produk inovasi kesehatan berupa Hand Sanitizer, yang diberi nama HANSALIM (Hand Saitizer SMA Al Muslim) dan Hand Shoap yang diberinama HANSHOAPIM (Hand Shoap SMA Al Muslim),

Penyampaian yang diiringi dengan tanya jawab, game-game kecil, dan doorprize membuat sosialisasi pencegahan virus corona berjalan efektif dan siswa antusias untuk mendengarkan sosialisasi yang diberikan.

“Tidak perlu khawatir dengan virus corona tapi tetap harus waspada terhadap virus ini. Yang terpenting tetap menjaga kebersihan dengan mencuci tangan setiap melakukan aktivitas,” ujar Putri Ayuni Alayyanur.

Selain itu, siswa Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) juga memamerkan hasil produk inovasi kesehatan berupa Hand Sanitizer, yang diberi nama HANSALIM (Hand Saitizer SMA Al Muslim) dan Hand Shoap yang diberinama HANSHOAPIM (Hand Shoap SMA Al Muslim), sebagai wujud kepedulian siswa SMA Al Muslim terhadap kebersihan dan pentingnya menjaga kesehatan diri dan lingkungan. Tidak hanya sekedar dipamerkan, produk tersebut cara pembuatannya dipraktekkan dan digunakan oleh masing-masing kelas dan setiap ruangan di SMA Al Muslim.

“Ide ini berawal dari kegiatan SMA Al Muslim berbagi makanan gratis di beberapa rumah sakit daerah waru. Kami melihat disetiap titik ada hand sanitizer yang digunakan untuk membersihkan tangan. Dari situ kelompok KIR kami berfikiran mencoba untuk membuat hand sanitizer dan hand shoap,” terang Fikri siswa kelas X IPA anggota ekstrakurikuler KIR SMA Al Muslim Sidoarjo. (AS/NR)