SMPN 1 Tembelang, Terapkan USBK di Tahun 2020

Suarapendidikan, Jombang – Sehubungan dengan ditetapkannya Permendikbud nomor 43 tahun 2019 yang ditandatangani Mendikbud Nadiem Makarim pada 10 Desember 2019 lalu,  tentang Ujian yang diselenggarakan oleh sekolah serta Ujian Nasional (UN), maka Kabupaten Jombang tahun ini resmi menyelenggarakan Ujian Sekolah (US) bukan lagi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Dalam Permendikbud disebutkan,

  1. Bentuk Ujian yang diselenggarakan oleh sekolah dapat berupa,
  2. portofolio
  3. penugasan
  4. tes tertulis
  5. dan/atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan Satuan Pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan Standar Nasional Pendidikan.
  6. Bentuk Ujian yang diselenggarakan oleh sekolah tersebut dilaksanakan pada semester ganjil dan/atau semester genap pada akhir jenjang dengan mempertimbangkan capaian standar      kompetensi lulusan.

Sedangkan syarat kelulusan meliputi,

  1. Peserta didik dinyatakan lulus dari satuan/program pendidikan setelah menyelesaikan, seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan mengikuti Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan.

2. Kelulusan peserta didik atau siswa ditetapkan oleh satuan/program pendidikan atau sekolah bersangkutan.

Sebagai langkah awal terkait Permendikbud tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melalui Bidang Pembinaan SMP memberikan sosialisasi kepada 79 Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri dan Swasta di Aula 1 Disdikbud Jombang, pada Senin kemarin (3/2). Dalam hal ini SMP Negeri 1 Tembelang Jombang memilih tetap menyelenggaran Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).

“Bukan tahun ini saja kami menggunakan komputer untuk ujian sekolah, tahun lalu saat USBN pun kami juga sudah menggunakan komputer,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 1 Tembelang, Sri Hartatik, saat ditemui redaksi Radio Suara Pendidikan di ruangannya (4/2).

USBK di SMPN 1 Tembelang pada tahun ini akan diikuti oleh 280 peserta dengan sarana prasarana yang memadai, mulai dari lab atau ruangan khusus USBK sampai komputer yang digunakan pada USBK nanti.  Tatik menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan USBK sudah disediakan 55 unit komputer oleh pihak sekolah sedangkan selebihnya menggunakan laptop dari peserta didik.

Ia menegaskan, terkait hal tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan komite sekolah melalui rapat komite. Dan pihaknya juga sudah menyampaikan kepada wali peserta didik saat pengambilan hasil belajar siswa atau rapor semester ganjil lalu, bahwa ujian sekolah untuk  siswa kelas 9 tahun ini berbasis komputer. Sehingga semua pihak mendukung penyelenggaraan  USBK di SMPN 1 Tembelang.

“Saat ini laptop dari peserta didik masih dalam tahap pengecekan, layak atau tidaknya digunakan USBK nanti,” ujar Tatik.

Disinggung terkait soal ujian yang digunakan USBK nanti, Tatik menuturkan bahwa merujuk pada Permendikbud yang ada, kisi-kisi soal USBK dibuat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), sedangkan soal ujian dibuat oleh guru sekolah masing-masing.

“alhamdulillah di SMPN 1 Tembelang tidak ada masalah, karena teman-teman guru di sini sudah terbiasa membuat soal-soal untuk kegiatan-kegiatan penilaian yang ada di sekolah,” ujarnnya.

Menurut Tatik, pelaksanaan Ujian Sekolah (US) merupakan pemberian keleluasaan bagi bapak dan ibu guru untuk mengembangkan penilaian terhadap peserta didik tanpa mengesampingkan aturan yang berlaku.

“Di US ini guru-guru di Merdekakan,” tutupnya.

Ditemui di depan kelasnya, salah satu siswa kelas 9D SMPN 1 Tembelang Devita mengungkapkan pihak sekolah juga sudah melakukan simulasi USBK ini. Menurutnya, hal itu penting dilakukan agar ketika pelaksanaan USBK nanti tidak terjadi kendala.

Sebagai pelajar yang akan mengikuti USBK nanti, berbagai latihan dilakukan Devita guna mendapatkan nilai bagus. Selain belajar tentang mata pelajaran (mapel) yang akan diujikan pada USBK di rumah, Devita juga giat mengikuti kegiatan Bimbingan Belajar (Bimbel) baik yang diadakan oleh pihak sekolah maupun bimbel di luar sekolah.

“Saya berharap USBK lancar dan mendapatkan nilai yang bagus, begitu juga dengan teman-teman yang lain,”pungkasnya. (WG/NR)