Sosialisasi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, Disdikbud Jombang Hadirkan Semua Pengawas Sekolah

Agus Purnomo, Kepala Disdikbud Jombang saat membuka sosialisasi PKKS Tahun 2020

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2020 akan dilaksanakan Oktober 2020. Serangkaian kegiatan sudah dilalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang dalam penentuan standar PKKS. Pengawas Sekolah merupakan ujung tombak yang akan melakukan kunjungan ke lembaga pendidikan dalam melaksanakan PKKS.

Disdikbud Jombang melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan pada Kamis siang (17/9) mengelar sosialisasi PKKS bagi semua pengawas sekolah mulai jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Aula 1 Disdikbud Jombang.

Sosialisasi kali ini dihadiri Agus Purnomo, Kepala Disdikbud Jombang. Dalam sambutannya Agus juga menyampaikan tentang protokol kesehatan. Pemerintah Kabupaten Jombang telah melakukan Operasi Justisi, untuk menegakkan hukum protokol kesehatan. Agus mengingatkan agar pengawas sekolah dalam membina sekolah binaannya tetap mengedepankan 8 Standar Nasional Pendidikan.

”Kita harus bisa bersaing dengan lembaga swasta yang memang lembaga itu mementingkan kwalitas,” ungkapnya.

Materi PKKS ini disampaikan Jumadi, Sekretaris Disdikbud Jombang yang memang dari awal mengikuti penyusunan instrumen PKKS. Jumadi menyampaikan terdapat perbedaan jumlah instrumen yang digunakan, mengingat kondisi lembaga pendidikan jenjang TK, SD dan SMP tidak sama, semisal dari sarana prasarananya memang tidak sama.

”Nilai PKKS jangan ditunjukkan langsung kepada Kepala Sekolah, karena nilai itu harus di plenokan terlebih dahulu di forum pengawas sekolah,” tutur Jumadi.

Perlu diketahui lembaga yang menjadi target PPKS ini sejumlah 1.138 lembaga yang terdiri dari 486 lembaga TK, 524 lembaga SD dan 128 lembaga SMP. Adapun jumlah pengawas sekolah yang akan menilai sebanyak 74 orang dengan rincian pengawas TK 12 orang, pengawas SD 49 orang dan pengawas SMP 13 orang. (AM/NR)