SPTV – Cara Mengurus Nomor Induk Kesenian (NIK) di Jombang

Suarapendidikan.com – Hai kawan, ketemu lagi nih di channel Suara Pendidikan TV. Kali ini kita akan bahas soal kepengurusan Nomor Induk Kesenian bagi para pelaku kesenian khususnya yang berada di Kabupaten Jombang. Lalu bagaimana cara kepengurusannya? Sabar ya kawan, sebelum kita bahas mengenai tata cara kepengurusan Nomor Induk Kesenian, Tau nggak? Bagi para pelaku seni, memiliki Nomor Induk Kesenian atau NIK adalah suatu kewajiban.

Mengapa demikian? Karena kartu ini disebut bisa membantu seniman, guna mendapatkan pengakuan secara legal. Selain itu Nomor Induk Kesenian tak lain juga merupakan pengakuan identitas pelaku seni sekaligus untuk mengetahui para pelaku seni itu sendiri, mulai dari orkes melayu, marching band, pemilik sanggar kesenian tradisional, hingga pelaku kesenian perorangan. Bahkan Kartu induk kesenian dikatakan juga sebagai persyaratan, sehingga pemerintah bisa memberi rekomendasi layak atau tidaknya sebuah grup kesenian tampil di masyarakat. So bagi yang belum punya Nomor Induk Kesenian, Begini caranya.

Bagi pimpinan grub kesenian yang akan mengurus Nomor Induk Kesenian Baru, siapkan : foto berwarna 3×3 sebanyak 2 lembar, foto copy KTP, susunan anggota grub, surat keterangan dari desa setempat. Selanjutnya bawa berkas tersebut ke Gedung D Bidang Kebudayaan, kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Jalan Bupati R Sudirman Nomor 5 Jombang guna mengisi formulir Permohonan Nomor Induk. Kartu Nomor Induk Kesenian tersebut berlaku dalam kurun waktu 1 tahun, selebihnya harus melakukan perpanjangan lagi, caranya siapkan pas foto 3×3 2 lembar dan Kartu Induk lama serahkan ke bidang Bidang Kebudayaan kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Jalan Bupati R Sudirman Nomor 5 Jombang. Nah bagi para pelaku kesenian yang ingin pentas di luar kabupaten Jombang, maka harus punya Surat Rekomendasi dari pemerintah. Bagaimana cara mendapatkannya? Siapkan pas foto 3×3 berwarna 2 lembar dan kartu Induk Terbaru silahkan bawa ke Gedung D Bidang Kebudayaan, kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang Jalan Bupati R Sudirman Nomor 5 Jombang guna mengisi formulir permohonan rekomendasi. Mulai sekarang, yuk urus dan perbaharui kartu Induk Kesenian anda, ciptakan berkesenian legal, asik dan menyenangkan. Sampai jumpa di video berikutnya.

MAU Update Seputar Pendidikan kapan aja dan di mana aja ? Saksikan dan Ikuti !! Suara pendidikan TV . ==Website Suara pendidikan TV== http://www.suarapendidikan.com .

==Aplikasi Streaming Android== https://bit.ly/playstoresptv .

Ikuti juga Sosial Media dan Channel Resmi Suara pendidikan TV . ==Fanspage Facebook== https://bit.ly/facebooksptv .

==Instagram== https://bit.ly/instagramsptv .

==Twitter== https://bit.ly/twitsptv .

==Channel Youtube== https://bit.ly/suarapendidikantv .

==Kontak Whatsapp== https://bit.ly/whatsappsptv #disdikbudjombang #NomorIndukKesenian #Tertibadministrasi #Pekerjasenijombang