[SPTV] Kebijakan Baru Dana Bos

Suarapendidikan.com, Jakarta – Kemendikbud mengubah kebijakan transfer dana BOS untuk mempercepat pencairan dana. Mulai tahun ini proses penyaluran dana BOS ditempuh melalui transfer dana dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) langsung ke rekening sekolah. Sebelumnya penyaluran harus melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Provinsi.

Tahapan penyaluran akan dilaksanakan sebanyak tiga kali setiap tahunnya dari sebelumnya empat kali per tahun. Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, kebijakan tersebut diambil untuk membantu mengurangi beban administrasi Pemerintah Daerah dengan menyalurkan dana BOS dari Kemenkeu langsung ke rekening sekolah sehingga prosesnya lebih efisien.

Selain itu, penetapan surat keputusan (SK) sekolah penerima dana BOS dilakukan oleh Kemendikbud, kemudian disusul dengan verifikasi oleh pemerintah provinsi/kabupaten/kota. Sekolah juga diwajibkan untuk melakukan validasi data melalui aplikasi Dapodik sebelum tenggat waktu yang ditentukan.

Batas akhir pengambilan data oleh Kemendikbud dilakukan satu kali per tahun, yakni per 31 Agustus. Sebelumnya dilakukan dua kali per tahun, yaitu per Januari dan Oktober. ———————————————– Jangan lupa Follow sosial media kita yang lain : https://www.facebook.com/RapendikJomb…https://twitter.com/Rapendikjombanghttps://www.instagram.com/rapendik_jo… For Bussines inquiries : radiopendidikanjombang@gmail.com Download aplikasi Suara Pendidikan Jombang: https://play.google.com/store/apps/de…