Tahun 2020, USBN diganti US

Suarapendidikan.com, Jombang Ada hal yang berbeda di tahun 2020, dengan keluarnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan RI Nomor 43 Tahun 2019, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) diganti menjadi Ujian Sekolah (US). Langkah awal yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang melalui Bidang Pembinaan SMP yakni mengadakan sosialisi kebijakan tersebut di Aula 1 Disdikbud Jombang (3/2).

Sebanyak 79 Kepala SMP Negeri dan Swasta antusias mengikuti kegiatan ini. Kepala Bidang Pembinaan SMP, Agus Suryo Handoko menjelaskan bahwa sekolah harus siap dengan perubahan yang ada, karena US tahun 2020 yang membuat kisi-kisi soal adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan sebagai koordinatornya yakni Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

Pada pelaksanaan US tahun 2020 ini, Disdikbud Jombang hanya bertugas untuk mengembangkan kompetensi guru, salah satu agenda yang paling dekat adalah dengan menggelar Workshop Penyusunan Soal Higher Order of Thinking Skill (HOTS).

“Disdikbud Jombang berharap pada waktu Workshop Penyusunan Soal HOTS, sekolah mengirim guru yang kompeten, sehingga dapat disampaikan ke guru-guru yang lain” pungkas Agus. (A/NR)