Terus Bergulir, Seleksi Tahap II Calon Pengurus Dewan Pendidikan Jombang 2020-2025

Suarapendidikan.com, Jombang – Seleksi pemilihan calon pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang periode tahun 2020-2025 terus bergulir. Hari ini (9/4), memasuki tahap ke 2 dari seleksi tersebut, setelah dilaksanakannya seleksi pertama yakni seleksi administrasi. Sebanyak 29 peserta mengikuti seleksi ditahap 2 ini dengan 3 serangkaian tes. Yaitu 2 kali tes wawancara dan 1 kali tes presentasi. Ketiga tes tersebut dilakukan pada ruangan yang berbeda dengan masing-masing ruangan 2 penyeleksi. Kesemuanya itu dilakukan di Gedung milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang.

Sekretaris Disdikbud Jombang, Jumadi tim penyeleksi mengatakan bahwa tujuan seleksi tahap 2 ini adalah untuk mendalami kemampuan dari para calon pengurus. Meraka harus memahami tentang persoalan dan solusi kebijakan pendidikan saat ini.

“Peserta juga harus mempresentasikan tentang bagaimana jika seandainya diterima sebagai pengurus Dewan Pendidikan langkah pertama apa yang mereka lakukan,” kata Jumadi usai melakukan tes wawancara dengan peserta seleksi di ruangannya.

Ia juga menjelaskan bahwa pada rangkaian tes yang ketiga adalah tentang penguasaan tentang kebijakan pendidikan, baik di lingkup Kementrian Agama (Kemenag) maupun di lingkup Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Pada seleksi tahap 2 ini dipilih 22 orang, yang nantinya akan di serahkan kepada Bupati untuk dipilih lagi dan ditetapkan sebagai Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang periode tahun 2020-2025,” jelasnya.

Ghufron salah satu peserta seleksi yang juga pengurus PGRI Kabupaten Jombang, menyatakan bahwa kesiapannya dalam mengikuti seleksi ini sudah ia persiapkan dengan maksimal. Menurutnya dengan adanya seleksi yang profesional seperti ini, para peserta dituntut mampu untuk memaparkan permasalah dan solusi terkait kebijakan pendidikan.

“Masing-masing peserta tentu punya pandangan yang berbeda tentang permasalahan maupun solusi tentang Kebijakan Pendidikan saat ini. Oleh karena itu, bagi yang lolos seleksi ini nanti diharapkan mampu membawa perubahan yang lebih baik khususnya dalam hal pendidikan di Kabupaten Jombang,” pungkasnya. (W/NR)