UJIAN NASIONAL (UN) 2020 DIBATALKAN, DISDIKBUD JOMBANG SIAPKAN REGULASI UJIAN SEKOLAH DARI RUMAH

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, mulai menyiapkan regulasi penyelenggaraan Ujian kelulusan sekolah Jarak Jauh. Regulasi ini, menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) “ Kami sudah terima surat edarannya tadi pukul 16.00,” Tegas Agus Suryo Handoko Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, selasa petang (24/3)

Agus Suryo juga mengatakan, pihaknya saat ini sedang melakukan koordinasi dengan bidang-bidang lain di Disdikbud, untuk membuat regulasi penyelenggaraan Ujian Kelulusan Sekolah Jarak Jauh. “ Arahan dari pak Kadis, kita tetap menyelenggarakan ujian dari rumah, dan saat ini kami (Bidang SMP) diminta untuk menyiapkan regulasinya”, Tutur Agus Suryo saat ditemui di Studio Radio Suara Pendidikan.

Regulasi penyelenggaran Ujian Kelulusan Sekolah Jarak Jauh, ditargetkan rampung pada kamis lusa (26/3), untuk selanjutnya diajukan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang. “ Insya Allah Kamis akan kami ajukan ke pak Kadis, kalau sudah disetujui kami langsung sosialisasikan ke sekolah-sekolah,” Tambah Agus.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI mengeluarkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Dalam Surat Edaran tersebut disebutkan, Ujian Nasional (UN) Tahun 2020 dibatalkan, termasuk Ujian Kompetensi Keahlian 2020 bagi Sekolah Menengah Kejuruan. Dengan dibatalkannya UN tahun 2020, maka keikutsertaan UN Tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (NR)