USP-BKS Diikuti 11.378 Siswa SMA Berjalan Lancar

Suarapendidikan.com, Sidoarjo – Hingga hari kedua proses pelaksanaan USP-BKS (Ujian Satuan Pendidikan-Berbasis Komputer dan Smartphone) yang diikuti oleh siswa kelas XII SMA Negeri/Swasta se wilayah Kabupaten Sidoarjo, baik yang menggunakan komputer maupun smartphone pada sesi 1 maupun sesi 2 masih berjalan aman dan lancar.

Hasil pantauan di lapangan, Selasa (3/3/20), SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3 SMAN 4, SMAN 1 Taman dan SMAN 1 Wonoayu semuanya berjalan aman dan lancar. Begitu juga di SMA Swasta, yakni di SMA Muhammadiyah 1 Taman dan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo serta di SMA Antartika Buduran juga berjalan lancar tanpa kendala.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Sidoarjo Dr Sukariyantho M Si menuturkan kalau siswa SMA Negeri/Swasta di Sidoarjo yang mengikuti USP-BKS 2020 ini sebanyak 11.278 siswa, yang terdiri dari 13 SMA Negeri dan 57 SMA Swasta.

“Alhamdulillah semuanya berjalan normal dan lancar, baik itu yang menggunakan komputer maupuna yang menggunakan smartphone. Semoga lancar terus tanpa kendala hingga usai nanti,” tutur Sukariyantho.

Semantara Kepala SMAN 1 Dr Ristiwi Peni M Pd juga menuturkan kalau proses USP-BKS nya berjalan lancar. Sebanyak 451 siswa yang ikut dalam 14 ruang yang dilaksanakan dalam 1 sesi.

“Pada pelaksanaan kali ini kami menggunakan komputer dan smartphone. Alhamdulillah kami juga sedang memanfaatkan sebanyak 430 tab bantuan dari Kemendikbud untuk ujian kali ini,” katanya.

Kondisi yang sama atas kelancaran pelaksanaan USP-BKS 2020 ini juga dituturkan oleh Kepala SMAN 2 Drs Nurseno M Pd yang juga merangkap Plt SMAN 4 Sidoarjo. Juga Kepala SMAN 3 Eko Rejo Sunariyanto S Pd M Pd menegaskan kalau siswanya yang ikut sebanyak 405 juga aman dan lancar.

Tak ketinggalan sekolah yang agak pinggiran Sidoarjo, yakni di SMAN 1 Wonoayu dituturkan oleh Digdo Santoso selaku Kepala Sekolah bahwa siswanya yang ikut sebanyak 357 juga berjalan lancar, begitu juga di SMAN 1 Taman juga berjalan lancar.  

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala SMA Muhammadiyah 1 Taman Drs Zainal Arif Fakhrudi pada pelaksanaan USP-BKS kali ini cukup lancar. Ada 163 yang mengikuti mengaku senang karena tanpa kendala.

“Ya semoga kondisi lancar dan aman ini bisa berjalan hingga usai,” harap Zainal Aif Rakhrudi.

Harapan yang sama juga diutarakan Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Dra Wigatiningsih.

“Di tempat kami ada sebanyak 416 siswa yang telah mengikuti ujian, semoga terus aman dan lancar,” harap Wigatiningsih. (AS/NR)