Verifikasi dan Pengajuan Nomor Pokok Yayasan Pendidikan

Suarapendidikan.com – Nomor Pokok Yayasan Pendidikan (NPYP) merupakan standar kode pengenal unik bagi yayasan yang memiliki Satuan Pendidikan/Lembaga, sehingga satu yayasan di setiap Kabupaten/Kota terdaftar secara tunggal. NPYP diperlukan sebagai upaya untuk memperbaiki tata kelola pendataan pendidikan dari tingkat Kabupaten/Kota sampai dengan tingkat nasional.

Sehubungan hal tersebut di atas, kami sampaikan kepada Saudara untuk mengajukan NPYP baru atau mengajukan verifikasi NPYP dengan langkah sebagai berikut:

  1. Melakukan cek kepemilikan NPYP dan menentukan satu NPYP yang akan digunakan di laman : http://vervalyayasan.data.kemdikbud.go.id
  2. Menugaskan 1 (satu) orang Petugas Pendataan Yayasan untuk mendaftarkan akun operator melalui Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan di laman http://sdm.data.kemdikbud.go.id sebagai Operator Yayasan.
  3. Mengirimkan berkas verifikasi atau pengajuan NPYP ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang paling lambat pada hari Jum’at 25 September 2020 berupa:
  4. Surat Permohonan verifikasi atau pengajuan NPYP ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang oleh Ketua Yayasan;
  5. Mengisi formulir verifikasi atau pengajuan NPYP;
  6. SK Pengesahan Badan Hukum Menkumham (scan dokumen asli berupa file pdf max 1mb dimasukkan CD);
  7. Foto Papan Nama Yayasan yang tertera No. SK Pengesahan Badan Hukum Menkumham (file jpeg max 1MB dimasukkan CD);
  8. Daftar Satuan Pendidikan/Lembaga di bawah naungan yayasan sesuai format (format excel dimasukkan CD);
  9. Foto copy Ijin Operasional Satuan Pendidikan/Lembaga yang masih berlaku di bawah naungan yayasan.
  10. Setelah memperoleh persetujuan verifikasi dan validasi NPYP dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, maka Saudara menugaskan Operator Yayasan untuk melakukan perekaman/input Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) baru yang belum pernah terdata dalam DAPODIK melalui http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/tambahptk. (AA/NR)

Surat Edaran selengkap, silahkan download di bawah ini.