Wakil Bupati Sidoarjo Berharap Kualitas PAUD Harus Lebih Baik Lagi

Suarapendidikan.com, Sidoarjo – Untuk mewujudkan kualitas PAUD di Kabupaten Sidoarjo lebih baik lagi, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin berharap semua pihak saling mendukung. Salah satunya dukungan dari pemerintah desa.

Menurutnya anggaran desa dapat dipergunakan bagi kemajuan PAUD yang ada di desa. Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri Sosialisasi Peraturan Bupati Sidoarjo No. 50 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI)  di aula Delta Graha, Setda Sidoarjo, Kamis, (5/3).

Wabup Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan dana desa memungkinkan untuk mendukung keberadaan PAUD. APBDes dapat diplotting atau direncanakan untuk kegiatan pendidikan semisal PAUD. Oleh karenanya diharapkan terjadi kerjasama yang baik antara pengurus PAUD dengan pemerintah desa.

“Anggaran dari APBDes baik dari pusat ataupun dari kabupaten, ADD itu yang bisa di plotting untuk kegiatan yang ada dilembaga pendidikan ibu-ibu, tinggal komunikasinya yang baik,”ucapnya yang disambut tepuk tangan ratusan guru PAUD yang hadir.

Wabup juga mengatakan secara regulasi, APBDes memungkinkan untuk dipergunakan membantu PAUD.

“Tinggal komunikasi yang baik yang harus dilakukan. Ada sinergi bersama mewujudkan lembaga pendidikan dapat berjalan lebih baik lagi. Pemerintah desa tidak akan rugi membantu keberadaan lembaga pendidikan seperti PAUD. Pasalnya manfaatnya sangat besar dalam mencetak generasi yang akan datang,” tegas Cak Nur, sapaan akrabnya.

Ia juga menyakini apabila penanganan anak-anak berjalan baik, maka perkembangan pendidikan anak-anak juga dapat berjalan baik. Dikatakannya untuk menciptakan keadaan yang lebih baik dimasa datang, kuncinya adalah mempersiapkan generasi saat ini. Apalagi perkembangan teknologi saat ini yang sangat luar biasa.  

Masih dikatakan Wabup bahwa generasi hebat dilahirkan dalam keluarga dan lembaga pendidikan yang hebat.

“Generasi hebat adalah generasi yang tidak hanya memiliki intelektual yang luar biasa saja. Tetapi generasi yang juga memilki spiritual yang baik. Untuk itu, saya meminta sejak kecil anak-anak tidak hanya dilatih untuk memiliki intelektual yang baik. Namun juga dilatih akhlak yang mapan. Kedua-keduanya harus dipersiapkan sedari dini. Generasi seperti inilah generasi yang ditunggu-tunggu sekarang ini. Dengan generasi seperti ini akan dapat menjawab permasalahan yang ada,” pintanya.(AS/NR)