Workshop Penyusunan Soal Berbasis HOTS Bagi SMP Se Kabupaten Jombang

Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang memberi sambutan

Suarapendidikan.com, Jombang – Untuk mempersiapkan Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun Pelajaran 2019/2020, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang mengadakan Workshop Penyusunan Soal Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Workshop ini dilaksanakan di Aula 1 Disdikbud Jombang selama 4 hari (24/2 – 27/2) dengan narasumber nasional dari Widyaiswara LPMP Provinsi Jawa Timur dan narasumber lokal dari Pengawas SMP Disdikbud Jombang.

Acara dibuka oleh Sekretaris Disdikbud Jombang, Jumadi, S.Pd. M.Si. Guru merupakan garda tersepan dalam implementasi kebijakan pemerintah, ikuti workshop ini semaksimal mungkin, tanyakan apa saja kepada narasumber sampai benar-benar faham. Hal tersebut diungkapkan oleh Jumadi.

Salah satu narasumber nasional Ilham Dwi Raharjo menjelaskan, karena zaman sudah berubah dan tantangan di masyarakat semakin tinggi, siswa dituntut untuk berfikir tinggi yakni berfikir nalar, tidak hanya cukup mengandalkan ingatan dan pemahaman. Dengan workshop ini diharapkan guru dapat membuat soal dan menilai siswa yang berbasis HOTS.

“Guru lebih menajamkan siswa untuk berfikir nalar, karena setiap hari sebenarnya siswa sudah berfikir nalar tapi perlu diarahkan dan dinilai”

Narasumber Nasional dari Widyaiswara LPMP Provinsi Jawa Timur, Ilham Dwi Raharjo dan Marjuki 

Workshop ini diikuti 130 Guru SMP se Kabupaten Jombang yang mengampu 10 Mata Pelajaran Kurikulum 2013 dan 11 Mata Pelajaran Kurikulum 2006. (AA/NR)