Yuk Cermati Juknis PPDB 2020 Kabupaten Jombang

Suarapendidikan.com, Jombang – Penerimaan Peserta Didik Baru tahun 2020 Kabupaten Jombang banyak mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Baik perubahan secara nasional yang mengaju pada Permendikbud ataupun perubahan terkait dengan teknis di tingkat daerah.

Perubahan mulai dari Kuota jalur Zonasi, Penentuan titik koordinat, jalur Prestasi dan perubahan yang lainnya. Perubahan kuota jalur Zonasi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Kuota Jalur zonasi tahun 2019 sebesar 80 persen, sedangkan tahun 2020 kuota jalur prestasi sebesar 50 persen dari penetapan daya tampung sekolah. Jalur Zonasi mempertimbangkan jarak tempat tinggal/ domisili calon peserta ke sekolah.

Jalur Afirmasi memiliki kuota sebesar 15 persen dari daya tampung yang ditetapkan. Jalur afirmasi mempertimbangkan peserta  didik  yang  berasal  dari  keluarga  ekonomi  tidak mampu,  dibuktikan dengan keikutsertaan  peserta didik dalam penanganan  keluarga tidak mampu dari Pemerintah  Pusat atau Pemerintah  Daerah.

Kuota sebesar 30 persen ditetapkan untuk Jalur Prestasi. Jalur Prestasi mempertimbangkan Nilai Ujian  Sekolah,  hasil  perlombaan  dan  penghargaan  di bidang akademik dan non  akademik, yang dibuktikan dengan sertifikat atau pigama perhargaan. Setiap Penghargaan memiliki point tertentu yang akan diakumulasikan.

Sedangkan untuk kuota jalur perpindahan tugas orang tua sebesar 5 persen dari daya tampung sekolah yang ditetapkan. Jalur ini mempertimbangkan perpindahan  tugas orang tua/wali  yang berdomisili  di luar zona, termasuk anak guru karena tugas. Pendaftaran peserta didik baru melalui jalur ini harus menyertakan surat pindah tugas dari  instansi,  lembaga,  kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan.

Perubahan penerimaan peserta didik baru tahun 2020 bertujuan untuk mengakomodasi ketimpangan akses dan kualitas, nondiskriminatif,  objektif,  transparan,  akuntabel, dan berkeadilan. Berikut Merupakan Juknis PPDB SMP Negeri/ Swasta Kabupaten Jombang tahun 2020. (NR)